Thursday, December 29, 2016

[Tips dan Trik] 3 Aplikasi Pesan Instan yang Populer Sebagai Media Promosi dan Komunikasi dengan Konsumen

Kehadiran aplikasi pesan instan sudah berperan penting dalam komunikasi keluarga, menjalin relasi, urusan kantor, hingga tetek-bengek lainnya.
Sejak munculnya berbagai macam aplikasi pesan instan, angka pengguna layanan messenger di Indonesia terus meningkat. Menurut laporan eMarketer, pengguna pesan instan di Indonesia dari tahun ke tahun, seperti berikut.
Tahun 2014 : 37,6 juta pengguna
Tahun 2015 : 52,9 juta pengguna
Tahun 2016 : 62,6 juta pengguna
Diprediksi 3 tahun ke depan akan terus meningkat:
Tahun 2017 : 72,5 juta pengguna
Tahun 2018 : 81,7 juta pengguna
Tahun 2009 : 91,6 juta pengguna.
Blog.jakpat.net melakukan survei pada tahun 2016 dengan mengambil 310 koresponden. Hasil survei itu menempatkan tiga aplikasi teratas yang paling bayak digunakan.
1. BBM : 80,31%
2. WhatsApp : 72,78%
3. LINE : 71,33%
Menurut survei itu pula diketahui alasan koresponden memilih BBM, WhatsApp, dan LINE.
Alasan memilih BBM:
BBM untuk nyaman untuk mengobrol dengan alasan lebih pribadi karena menggunakan PIN untuk pertemanan.
Lebih mudah menghubungi karena mudah mencari kontak pada BBM.
Adanya fitur pemberitahuan pesan tertunda, terkirim, dan terbaca.
Lebih mudah dan cepat dalam mengirimkan file seperti pdf.
Alasan memilih WhatsApp:
Dianggap lebih cepat dan stabil
Penambahan daftar otomatis yang langsung terhubung dengan kontak telepon
WhatsApp bisa mengirimkan beberapa file sekaligus
Memiliki pemberitahuan penundaan pengiriman pesan, terkirim, dan terbaca
Tersedianya fitur panggilan atau telepon gratis.
Alasan memilih LINE:
Memiliki stiker yang lucu dan ekspresif.
Menawarkan video call gratis.
Aplikasi dengan pengiriman pesan yang stabil dan cepat.
Karena teman-teman menggunakan LINE juga.
infografis%20pengguna%20messenger.jpg
Hasil survei ini bisa jadi referensi kamu untuk menjaga komunikasi dengan para konsumen.

(sumber artikel : tirto.id)

1 comment: