Tak hanya di dunia offline, dalam online pun banyak persaingan terjadi antara penjual untuk mendapatkan pembeli; memberikan harga lebih murah atau pelayanan lebih ramah, namun hal tersebut hanya berlaku jika pembeli telah melihat lapak jualan. Sebelum lakukan hal itu, tugas pertama kita sebagai penjual adalah mempermudah pembeli menemukan lapak jualan.
Jika punya website jualan sendiri, kita dapat melakukan SEO (Search Engine Optimization) agar situs jualan kita berada di peringkat satu saat dicari lewatsearch engine (Google, Yahoo atau Bing) sehingga pembeli mudah menemukan barang yang kita jual.
Berbeda jika berjualan di Bukalapak.com, penjual tak perlu repot melakukan SEO karena setiap lapak telah dioptimasi untuk tampil di halaman pertamapada hasil pencarian Google, Yahoo atau Bing.
Yang perlu dilakukan penjual di Bukalapak.com hanyalah menulis Nama dan Deskripsi Barang dengan jelas, lengkap dan persuasif sehingga lapak mudah ditemukan dan pembeli tak berpaling ke lapak penjual lain.
Bagaimana sih cara yang benar menulis nama & deskripsi barang? simak penjelasan berikut:
Tips Menulis Nama & Deskripsi Barang.
Karena Bukalapak.com bukanlah forum jual beli atau situs iklan baris maka penjual tak perlu menuliskan kata-kata yang tak berkaitan dengan barang. Sangat disarankan agar penjual menulis nama barang dengan format:
[merek] [tipe] [warna barang] [spesifikasi lain]
Contoh yang baik: Apple Macbook Pro 15.4″ MD103LL/A
Contoh yang buruk: Jual laptop Macbook 15″ bekas kardus lengkap
Contoh yang buruk: Jual laptop Macbook 15″ bekas kardus lengkap
Agar lebih jelas, mari kita koreksi beberapa contoh lapak berikut ini:
Kesalahan lapak di atas adalah tidak ada informasi merek dan lainnya untuk barang seharga jutaan rupiah.
Dengan menulis nama barang dengan jelas dan lengkap maka pembeli mudah menemukan lapak jualan kita, terutama mereka yang mencari barang lewat search engine seperti Google.
Gambar di atas menunjukkan Bukalapak.com berada di posisi pertama dibanding website lain yang mungkin juga menjual barang yang sama.
Mengapa bisa begitu?
Selain memang Bukalapak.com telah dioptimasi, itu terjadi karena penjual menuliskan Nama Barang & Deskripsi Barang dengan benar, sehingga saat pembeli coba mencari barang (misalnya: nikon af-s 18-200mm) maka lapak dengan Nama Barang paling relevanlah yang ditampilkan di hasil pencarian.
Jika Nama Barang berguna agar lapak mudah ditemukan pembeli, maka Deskripsi Barang berguna agar pembeli semakin mantap untuk membeli dari lapak jualan kita.
Deskripsi Barang yang baik bukan hanya yang menampilkan spesifikasi barang secara lengkap tapi juga yang menjelaskan barang secara persuasif. Bagaimana contoh deskripsi barang yang persuasif? silakan cek Tips Jualan Yang Tak Banyak Dilakukan Orang.
Terima kasih.
0 comments:
Post a Comment