6 Cara Meningkatkan Penjualan Anda
Meningkatkan penjualan sebuah bisnis tidak harus dengan cara yang sulit dan kompleks. Tidak butuh ide bisnis dengan berjuta keruwetan yang pastinya akan sulit dipahami. Penjualan sebuah bisnis bisa ditingkatkan dari hal hal yang kecil sekalipun yang kita lakukan. Tanpa kita sadari, cara kecil itu akan berdampak besar bagi bisnis kita. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan?
- Menepati janji
Meningkatkan penjualan bukan hanya tujuan akhir dari berbisnis. Kita juga harus bisa membuat pelanggan bertahan dan terus mencari kita setiap mereka membutuhkan sesuatu. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu berusaha menepati setiap janji yang Anda berikan. Anda bisa saja menjanjikan akan memberikan harga murah, kualitas bagus, diskon apapun, dan lain sebagainya. Namun jika Anda tidak menepatinya, kepercayaan pelanggan akan mulai hilang kepada Anda. Maka buatlah pelanggan merasa nyaman dan betah berada pada bisnis Anda.
- Jujur
Selain menepati janji, kejujuran dalam sebuah bisnis harus Anda junjung tinggi. Sebenarnya jujur bukan hal yang hanya Anda butuhkan untuk berbisnis, tetapi untuk semua kegiatan, Anda harus selalu bersikap jujur. Jujurlah jika memang Anda tidak menjual produk yang mereka inginkan. Jangan janjikan barang ada saat itu juga, tapi Anda tahu itu sulit atau bahkan akan lama terwujudnya. Anda juga harus jujur kepada pelanggan, ketika mereka menghubungi Anda. Kepercayaan pelanggan sebuah toko terletak pada kejujuran dari penjualnya. Ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki toko online. Bukan berarti karena pelanggan tidak mengetahui apa yang Anda jual, lalu Anda hanya berkata yang mengindahkah produk Anda, tetapi pelanggan malah tertipu oleh Anda.
- Ketepatan waktu
Berbisnis harus disertai dengan sikap disiplin yang tinggi. Jika Anda selalu membuka toko pada pukul 08.00, maka konsistenlah untuk terus disiplin pada waktu itu. Ini juga berlaku bagi pemilik toko online yang membuka line chating dan telepon pada waktu waktu tertentu, maka Anda harus tepat waktu. Tidak ada yang akan mengira, kapan pelanggan membutuhkan dan mencari Anda, bukan? Pada saat proses pengiriman barang, Anda harus jujur kapan waktu barang yang dipesan akan tiba. Ini juga harus disesuaikan dengan jasa pengiriman barang Anda. Jangan biarkan pelanggan menunggu tanpa kepastian untuk mendapatkan barang yang Anda jual.
- Berani mengakui kesalahan
Melakukan suatu kegiatan, tentu tidak terlepas dari kesalahan yang bisa saja terjadi, baik dari segi pelayanan ataupun teknis pengiriman. Jika memang ada kesalahan yang terjadi pada produk yang dipesan pelanggan, maka beranilah mengakui kesalahan. Jika barang yang dipesan mengalami kerusakan saat proses produksi, maka jangan ragu untuk mengabarkan pelanggan Anda, dan jika itu memang kesalahan dari teknis Anda, maka cobalah untuk menjadi bertanggungjawab dengan memperbaikinya. Memberikan jaminan juga menjadi salah satu cara meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kita.
- Tenang dalam menanggapi masalah
Berbisnis akan menghadapi banyak tantangan dan masalah, ini sudah pasti akan memicu adanya sebuah amarah yang akan berakibat fatal jika Anda sulit mengaturnya. Penting bagi semua pemilik bisnis untuk bisa tenang dalam menanggapi setiap masalah yang ada. Tua atau muda, tidak menjadi perbedaan kita untuk bisa menjadi lebih dewasa saat kita sudah memiliki tanggungjawab mengatur sebuah bisnis.
- Pelihara yang sudah ada
Jika dirasa apa yang Anda miliki saat ini sudah sangat baik dan banyak menguntungkan, maka peliharalah apa yang Anda miliki dengan maksimal. Dari kualitas produk dan layanan yang sudah ada, coba pertahankan dengan selalu memeriksa secara rutin keadaan keduanya. Anda juga harus tahu apa yang sedang berkembang saat ini, dan dari situ Anda akan mendapatkan cara untuk mengembangkan apa yang ada saat ini menjadi lebih baik lagi.
Created By
0 comments:
Post a Comment