Salam Buat semuanya,
Sambil nunggu dagangan laris manis di BL, mungkin saya ingin berbagi kepada sesama Bukalapakers tentang arti pentingnya foto-foto yg akan di publikasikan kepada buyer, agar toko kita melekat, pada hati para pelanggan.
Untuk itu , sebuah toko online harus mempunyai karakter foto yang menjadi ciri khas dari toko online nya tersebut. Foto-foto dari toko online yang dipublish adalah salah satu bentuk komunikasi kita kepada para pelanggan, dan komunikasi ini dapat memberikan tingkat kedekatan khusus antara kita OS owner, dengan para buyer.
Pada dasarnya saya pribadi, mengkategorikan 2 garis besar
- Foto pada produk itu sendiri
- Foto moment, yang sedang dikerjakan oleh OS kita.
untuk point nomor 2 adalah lebih ke branding.
namun gw coba mau bahas point nomor 1 dulu.
- Foto pada produk itu sendiri
Banyak sekali gw perhatikan online shop, menginginkan omset yang besar, jumlah transaksi yang ratusan bahkan ribuan, tetapi keinginan ini masih belum terwujud dan menggantung, karena foto produk nya tidak jelas, blur, gelap, aura lapaknya suram, orang jadinya ngantuk dan malas untuk berbelanja. lah gimana mau bisa jalan kalau foto barangnya asal-asalan, bahkan ada efek pantulan cahaya, jadi silau. atau maunya ambil dari google fotonya …
Seperti kita belanja , pasti lebih suka di tempat yang adem, di mall, nyaman, bersih tidak bau, dan saking nyamannya berbelanja sampai lupa sudah belanja berapa besar.
dalam online bizz, juga seperti itu, owner onlineshop harus paham dan mengerti ambience, / aura dari foto barangnya, sehingga buyer suka lihat detailnya, pengen klik buy, atau di klik next, lihat2, dan betah beralama2 dan belanja di display album foto kita.
mungkin ini sedikit tips, agar foto stabil,
tentunya, dalam sebuah foto produk yang sangat banyak jumlahnya, kita dapat menggunakan Tripod, RemoteShutter, dan pencahayaan yang cukup sehingga tidak menghasilkan bayangan gelap, sehingga ini menjaga kualitas dari hasil foto yang ingin kita sajikan ke pelanggan.
ini adalah 2 contoh hasil foto, agar pelanggan betah beralama2, tinggal di atur saja, backdrop nya ingin seperti warna apa…
Buang jauh-jauh presentasi produk kepelanggan menggunakan foto yang kurang tajam.
untuk setting studio jadi-jadian pun mudah, hanya perlu beberapa lampu neon saja,
ingat kita bukan ingin membuat usaha studio foto professional, tetapi ingin mengakali, agar barang yg kita jual ini kok cantik dan rasanya sayang kalau tidak di beli.
itulah pesan yang ingin disampaikan kita sebagai owner online shop, kepada pelanggan.
Point ke 2 Adalah moment yang sedang dikerjakan kita, sebagai owner onlineshop, dan ingin kita share kepelanggan.
untuk point ke 2 ini, kita hanya perlu kamera hp android, ya kalau sempat foto dengan SLR, ya bisa, tapi intinya disini gambarnya tidak perlu bagus2, tetapi ingat point ke 2 adalah momentnya.
dalam foto moment ini jangan lebay, karena harus senatural mungkin apa adanya dan ya memang itu yang sedang kita kerjakan. Foto moment ini adalah salah satu bentuk komunikasi kita kepada para buyer.
ini contoh2 foto moment :
foto diatas adalah moment pada saat kita mengirim barang, diambil hanya dengan foto HP biasa, ini bisa dijadikan alat promosi dan branding, dimana pada saat itu kita pakai 2 mobil untuk mengantarkan box icaltoys ke JNE.
foto diatas adalah ketika box sudah di tempelkan alamat dan siap untuk di kirim, moment ini tentunya tidak terjadi setiap hari, untuk itu sangat penting di abadikan dan dishare.
Foto diatas adalah pada saat kita ikut event bazaar, moment2 semacam ini sangat perlu di abadikan, agar kita punya track record bahwa kita jualan bukan untuk main2, atau sampingan, tapi bener2 professional.
ini pada saat order processing.
dan masih banyak lagi.
pada point 1, kita hanya perlu setting sekali dua kali,
saat kamu beli pringles / snack popcorn / lays -> kamu beli karena tersugesti oleh packingnya.
di era digital sekarang packing itu terbalik, packaging mu adalah foto produkmu !.
berapa banyak orang membeli minuman karena warna kemasannya menarik? ambiencenya dapet, jadi dari segitu banyak display produk dari suatu gerai di supermarket, kenapa mala elo ambil botol yang itu? bukan sebelahnya ?, padahal kalau lo buka, minumannya lo tumpahin warnanya sama aja toh?. itulah filosofinya.
tetapi pada point 2,
kita harus mendokumentasikan apa yg kita telah berikan kepada para pelanggan, gunanya untuk apa?
point 2 sangat berguna untuk viral marketing, visual marketing, dan ingat dari mata turun ke hati. di indonesia tak kenal maka tak sayang, otomatis, mau tidak mau onlineshop perlu membuat dokumentasi tahun demi tahun apa yang telah dilakukannya, dan bagaimana perkembangannya,
di point nomor 2 ini, apabila kita upload 1 foto saja ke FB, atau ke media social lain, orang yg lihat akan comment, likes, dan berdiskusi di foto tersebut, otomatis nama kita naik, dan tersebar ke orang yg tertarik dengan foto itu.
tentu saja, seperti FB, INSTA, atau bahkan profile BB, pun bisa dijadikan alat agar orang merasa dekat dengan onlineshop kita, berapa banyak buyer pergi setelah membeli, dan tidak balik lagi , karena dia lupa kalau kemarin beli sama siapa?..
disinilah pentingnya kita mengcapture moment2 seperti
- packing
- kirim barang
- event pameran / gathering
- random picture seperti jalanan macet, dsb
dan kita tinggal dengan mudahnya menambahkan caption comment, macet? ya beli dikita aja gk kena macet, or something else. foto-foto ini juga akan berguna bagi kita owner onlineshop untuk refleksi diri dari tahun ke tahun sudah seberapa berkembangnya usaha online yg kita kelola, dari tahun sebelumnya?
ingat 1 gambar dapat melukiskan ribuan kata-kata
Bagaimana kita bisa yakin dengan bisnis onlineshop kita, kalau dari foto barangnya saja sudah suram :D
salam sukses
para BLers.
0 comments:
Post a Comment