Saturday, September 24, 2016

[Tips & Trik] Maksimalkan Fitur BukaChat: Respon Cepat, Penjualan Meningkat!

Semangat Pagi Om, Tante…
Semoga kabarnya baik-baik saja dan lapaknya semakin laris manis..
Pada weekend yang banyak sekali acara kondangan kali ini, Saya mau sedikit tulis tips ringan tentang pentingnya respon yang cepat dalam berjualan online.
Disini juga saya mau review dan memberi tips menarik mengenai aplikasi mobile dari bukalapak, yaitu BukaChat.
Saya ketik ini pakai handphone, semoga tetap rapi tulisannya..
Disimak yaaa…
Yup
Bukalapak adalah pasar. Tempat dimana penjual dan pembeli berinteraksi melakukan kegiatan jual-beli. Perbedaannya, jika pasar yang biasa ibu-ibu datangi setiap pagi itu offline, penjual dan pembeli saling tatap muka dan berinteraksi, sedangkan Bukalapak adalah pasar yang seluruh kegiatannya online dimana penjual dan pembeli tidak bertatap muka, tetapi menggunakan fitur chat dalam berinteraksi.
Maka, kali ini kita akan fokus membahas interaksi dalam jual-beli secara online
Apa yang biasa dilakukan pembeli sebelum melakukan pembelian di pasar online (Bukalapak)?
Pastinya akan bertanya apakah stoknya tersedia, atau bertanya harga diskon jika beli dalam jumlah tertentu, atau pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan calon pembeli.
Nah, permasalahan muncul ketika komunikasi antara calon pembeli ke penjual dalam kegiatan online biasanya berlangsung lambat. Entah faktor jaringan koneksi internet yang buruk, atau memang pelapaknya yang lambat merespon.
Yang pasti, interaksi online tentunya tidak secepat jika di pasar offline pembeli dan penjual saling interaksi langsung tanpa menggunakan media apapun, interaksi dan penjualan akan terjadi dengan cepat, tidak seperti di pasar online yang interaksinya lebih lambat.
Interaksi yang lambat inilah yang akan membuat pembeli terlalu lama menunggu dan akhirnya mencari produk yang ditanya tersebut ke seller lain yang merespon lebih cepat. Setuju?
Pelapak lambat, pembeli menunggu terlalu lama ~ peluang terjadi penjualan = 0
Ingat ya, di Bukalapak ini yang jual produk Om Tante itu jumlahnya banyak sekali, ribuan bahkan jutaan pelapak. Jadi, jika respon / tanggapan dari pertanyaan calon pembeli tidak ditanggapi dengan cepat, peluang terjadi penjualan akan sangat kecil.
Lalu bagaimana solusinya?
Pastinya semua Om Tante disini saya yakin sudah menginstall aplikasi Bukalapak di smartphone-nya.
Tapi apakah Om Tante sudah tahu bahwa selain aplikasi Bukalapak, BL juga mempunyai aplikasi yang gak kalah penting untuk Om Tante install.
BukaChat
Aplikasi livechat yang bisa membuat Om Tante lebih fast respon dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk seputar lapaknya.
Aplikasi realtime chat dari Bukalapak ini sudah saya coba sendiri, sangat cepat dan ringan di smartphone saya, semua pertanyaan yang masuk saya balas hanya dalam hitungan menit saja (itupun kalau saya tidak lagi nyetir atau mandi ya karena ga mungkin dong saya main hape pada saat itu hehehe).
Nah, jika pada aplikasi Bukalapak yang biasa, di fitur chat-nya, waktu connecting (menurut saya) terbilang lambat, belum lagi membuka aplikasinya saja memerlukan waktu loading yang tidak sebentar, atau kadang pesan yang sudah kita send, sering tidak terkirim karena koneksi internet yang tidak stabil.
Di aplikasi BukaChat ini, jika ada pesan yang tidak terkirim (karena koneksi terputus), pesan tersebut akan otomatis terkirim saat smartphone terhubung kembali dengan jaringan internet. Keren bukan? Sudah seperti Whatsapp saja.
Di aplikasi ini juga kita bisa melihat daftar kontak yang ada pada smartphone kita yang sudah memiliki akun bukalapak loh! Jadi bisa juga jadi media promosi lapaknya langsung ke teman terdekat yang sudah ada di kontak kita!
Review tentang aplikasi ini bisa Om Tante lihat juga di tulisan Om @yukero di sini
Sayangnyaaaa….
Ada satu masalah yang membuat saya sempat jengkel dengan aplikasi ini, yaitu notifikasi chat yang double. Jadi saat ada pesan masuk, aplikasi bukalapak dan bukachat akan mengirimkan notifikasi yang sama di smartphone kita. Rasanya menggangu sekali, bukan?
Nah untuk mengatasi masalah itu, saya punya trik-nya.
Om Tante hanya perlu me-non-aktifkan notifikasi dari aplikasi bukalapak, dan set priority ke high/ON pada aplikasi BukaChat.
Caranya seperti ini…
Saya hanya tahu untuk versi android ya (Saya coba di Asus Zenphone), jika handphone lainnya mungkin bisa menyesuaikan dan untuk versi iOS iphone saya belum coba.
Ikuti langkah berikut:
  1. Masuk ke pengaturan / setting
  2. Ke Pengaturan Nada & Pemberitahuan (Sound & Notifications)
  3. Scroll ke bawah, pilih App Notifications
  4. Cari dan pilih aplikasi Bukalapak
  • Pilih Block ~ maka semua notifikasi dari aplikasi Bukalapak, tidak akan muncul.
  • Back, lalu pilih aplikasi BukaChat
  • Set Priority ON untuk Aplikasi BukaChat
Nah dengan begini, semua notifikasi chat yang masuk akan dengan cepat muncul di urutan teratas di handphone kita dari aplikasi BukaChat!
Dengan begini juga, lapak Om dan Tante akan selalu online loh! Selama HP-nya dalam keadaan hidup dan terhubung ke Internet. Keren, bukan?
Selamat mencoba ya, aplikasi yang wajib dimiliki semua seller Bukalapak ~ BukaChat bisa Om Tante download di sini
Mungkin cukup sekian saja tips dan trik dari saya dalam meningkatkan respon selama ngelapak di Bukalapak tercinta blush thumbsup
Sukses selalu untuk semua Lapak Om Tante,
Koreksi saya jika ada kesalahan di tulisan ini ya…

0 comments:

Post a Comment