Thursday, September 22, 2016

Fokuskan Pekerjaanmu Dengan 6 cara Ini!

Pernah nggak sih merasa kalau keseharian kamu sepertinya sudah cukup sibuk, namun nyatanya masih saja ada pekerjaan yang tertinggal? Belum lagi urusan pekerjaan rumah ataupun hal-hal penting yang selalu saja kelupaan.
Ini saatnya kamu membutuhkan manajemen waktu untuk diri kamu sendiri. Dikutip dari sebuah buku karya penulis Laura Stack berjudul What To Do When Theres Too Much To Do: Reduce Tasks, Increase Results and Save 90 Minutes a Day (Apa yang harus dilakukan ketika banyak yang harus dikerjakan: Mengurangi tugas, Meningkatkan hasil dan Menghemat 90 menit waktu kita dalam sehari), ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar waktu dan pekerjaan kamu lebih teratur.
  • Tuliskan Apa Yang Mau Kamu Capai
Buatlah daftar prioritas harian, seperti apa saja yang harus diselesaikan dan juga jangka waktu nya. Yang sekiranya menurut kamu tidak begitu penting bisa ditunda terlebih dahulu. Tuliskan juga setiap hal tersebut supaya kamu bisa lebih fokus terhadap apa yang akan dikerjakan.
  • Urutkan
Setelah membuat daftar tugas yang harus kamu selesakan, sekarang saatnya beri angka atau urutan pekerjaanmu. Sediakan waktu setidaknya lima menit sebelum tidur untuk melihat apa yang akan dikerjakan esok hari. Dengan begitu secara tidak sadar kamu akan selalu mengingat dan termotivasi.
  • Berkata Tidak
Bagaimanapun kamu tidak akan bisa ada di dua tempat di waktu yang bersamaan. Begitu juga membagi pikiran untuk dua kerjaan yang berbeda. Oleh karena itu jika kamu merasa tidak dapat mengerjakannya, jangan ragu untuk berkata tidak. Dari pada pekerjaan tersebut berantakan, lebih baik masuk dalam daftar pekerjaan yang kamu tunda terlebih dahulu bukan?
  • Waktu Yang Tepat
Perhatikan kondisi kesehatanmu dalam bekerja. Kamu harus bisa mengatur kapan kamu harus lakukan pekerjaan tersebut dan kapan harus mengambil jeda. Kalau bisa, tuntaskan lah pekerjaan di pagi hari, karena biasanya jika sudah melewati makan siang, energimu akan menurun.
  • Disiplin
Kedisiplinan sekecil apapun sangatlah penting dalam mendukung pekerjaanmu. Jika kamu sedang benar-benar dalam sebuah pekerjaan, jangan sampai luput oleh sebuah pengalihan. Contoh seperti melihat handphone, internet dan lain lain. Setidaknya, lakukan hal tersebut ketika pekerjaanmu telah selesai.
  • Istirahat
Setelah mendisiplinkan diri dan fokus, sekarang waktunya memberikan dirimu sedikit jeda. Waktu jeda ini bisa dimanfaatkan untuk relaksasi dan mengisi ulang tenaga. Berjalan-jalan di taman, Power-Nap/tidur sebentar, ke kantin, atau sekedar menelepon anak di rumah dan kekasih dipercaya sangat efektif untuk mengembalikan semangatmu.
Yuk, mulai fokuskan dirimu kembali sebelum akhir pekan datang!
Semoga bermanfaat grin

0 comments:

Post a Comment