Mengetahui siapa TARGET AUDIENCE lapak kita adalah suatu hal penting sebagai SELLER.. Kenapa??
- Setiap Produk Punya Target Audience Berbeda-beda. Jual produk sepatu kantor sama sepatu futsal walopun sama-sama pria tapi BEDA targetnya kan?
- Setiap Target Punya Cara Promosi Berbeda. Kalo udah tau audience produknya ibu-ibu muda, misal promonya yg cocok di instagram, postingnya artikel parenting, dll.. Kalo target produknya laki-laki hobi sepeda, maka iklannya di majalah sepeda bukan majalah bola
Nah buat kita SELLER BUKALAPAK Penting juga mengetahui Siapa Target Audience kita lho Bukan berarti karena BukaLapak sudah mendatangkan banyak viewer ke webnya dengan SEO, iklan TV, dll kita tinggal nunggu pembeli aja..
Fungsinya apa? antara lain kita bisa menyesuaikan desain lapak kita (yg jual jam original pake desain elegan, jangan yg alay..hehe), juga buat menyesuaikan bahasa komunikasi ke pembeli dan yg juga penting adalah kita tau waktu PUSH yang EFEKTIF..
Baru-baru ini saya nemuin data sbb :
sumber: microsoft.com
Data ini menunjukkan bahwa
1) Pengguna Email. Waktu paling sering mereka aktif adalah hari Kamis (berarti weekdays) jam 10 pagi.
2) Pengguna Facebook (71% dari pengguna internet), paling banyak usia 18-29, pendidikan kuliah/di atasnya. Waktu paling aktif hari Kamis-Jumat (weekdays) jam 1-3 siang.
3) Pengguna Twitter, paling banyak juga di usia 18-29 tapi rata-rata usianya di atas user sosmed lainnya. Waktu aktif hari Senin-Jumat (weekdays) jam 12 siang dan 5-6 sore.
4) Pengguna Instagram, pengguna paling banyak Wanita, usia 18-29. Waktu paling aktif hari Senin & Rabu (weekdays) jam 2 pagi (kata ibu-ibu yg aktif jualan di IG sih juga begitu) 5 sore dan 10 malam.
5) Pengguna LinkedIn (web sosial bisnis/profesional terbesar), paling banyak usia 30-49 (usia kerja), penghasilan cukup besar. Waktu paling aktif hari Selasa-Kamis (weekdays) jam 9 pagi - 5 sore (jam kerja).
Nah, aplikasinya gimana di BL?
Lihat siapa audience produk kita.. kira-kira lebih cocok dengan tipe pengguna sosial media yg mana? Facebook, instagram, atau yg lain?
Lihat waktu paling banyak mereka aktif di internet.. lakukan PUSH minimal di waktu-waktu tersebut.
Contoh, yg jual sepatu kantoran audience-nya mirip sama pengguna Linked In: pekerja, usia 30an, penghasilan sudah mapan. Ternyata mereka paling aktif di jam kerja. maka push lah di siang hari saat jam makan siang insyaAllah lebih efektif menghasilkan order..
Jadi analisa sesuai produk kita ya Dan data ini juga bermanfaat buat share jualan kita di tempat lain.. Misalnya share jualan kita di BL ke pengguna Facebook, Instagram, dll di waktu-waktu yg efektif tersebut Dan diriset (istilah kerennya begitu,hehe) kira-kira mana yg paling menghasilkan order sesuai produk kita masing-masing..
Selamat mencoba dan jangan lupa sharing ya hasilnya agar bermanfaat buat yg lain
Nb: Jangan lupa di share ya triknya biar bermanfaat
0 comments:
Post a Comment