Thursday, September 22, 2016

Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik

Assalamualaikum Wr. Wb, Om-Tante, di akhir tulisan ini akan saya bahas tentang saya blush
~ skip skip skip ~

Tulisan saya kali ini ingin membahas tentang Teknik Copywriting. Untuk Om-Tante yang belum tau apa itu copywriting, silakan disimak pembahasan saya kali ini.
Kalau definisi dari google / wiki, agak ribet penjelasannya,
Copywriting adalah salah satu teknik marketing yang digunakan untuk menghasilkan penjualan (closing) dengan media tulisan persuasif yang dapat men-sugesti calon pembeli / konsumen untuk melakukan pembelian / order dari produk yang ditawarkan.
Paham?
Kalau saya sih pusing. Hahaha
Intinya, tujuan dari copywriting adalah bagaimana kita membuat calon pembeli kita hanya dengan sekali baca, bisa langsung memutuskan untuk membeli barang kita SAAT ITU JUGA.
(minimal ngechat atau nanya ini ready gan? ya blush)
Caranya bagaimana?
Caranya adalah Om dan tante harus tahu skema penulisan, pemilihan judul, dan pokok-pokok apa saja yang harus ada pada deskripsi produk kita, dan kata-kata apa saja sih yang biasa dipakai untuk itu?
Mari kita bahas satu-per-satu.
1. JUDUL
Sebelum masuk ke Copywriting, saya sekalian bahas sedikit tentang SEO (search engine optimization) tidak apa ya..
Ada yang bilang, judul harus banyak kata, ada juga yang bilang bagian judul haruslah singkat jelas dan padat yang penting spesifikasi produknya masuk semuanya.
Jika seperti itu, lalu bagaimana dengan seller yang menjual gadget (misalnya) iphone 6+, apakah dia harus menulis semua spesifikasi fitur yang ada disana?
iPhone 6+ retina display kamera bagus, memory 64 GB, bluetooth, bisa SMS dan telpon loh!
Tidak seperti itu kan?
Menurut saya tidak ada yang salah, dan tidak ada yang sepenuhnya benar, semuanya bisa dikatakan benar, tetapi belum tentu efisien.
Judul produk yang baik adalah yang tidak melebihi dari 70 karakter.
Kenapa?
Karena SEO hanya akan mencari maksimal 70 karakter saja dari apa yang ada pada header (judul), dan hanya 3 kata kunci awal yang akan terbaca (atau masuk ke halaman pertama mesin pencari), sisanya akan dijadikan metadata dari lapak (pendukung).
NOTE : ini yang saya tau sih, CMIIW ya blush)
Jadi, gunakanlah pemilihan judul yang efisien, pastikan 3 kata pertama judul produk Om-Tante bisa mewakili produknya.
Ingat ya, hanya 3 kata pertama.
Pemilihan judul di lapak Bukalapak.
Bukalapak memiliki SEO yang otomatis menuliskan kata JUAL untuk setiap produk yang kita upload. Jadi kita tidak perlu menuliskan lagi kata JUAL pada awal judul produk kita. Karena sekali lagi, ingat, maksimal itu 3 kata pertama! Jangan boros! Hahaha kita lanjut ke contoh ya
-> Contoh lapak (maaf kalo contohnya pake produk saya hehehe blush :
Pada lapak 1-5, judulnya singkat kan? Dan pada lapak 6 judulnya terlalu panjang (Yang nomor 6 lapak lama saya, sebelum saya gabung komunitas pelapak hehehe jadi masih newbie banget penulisannya)
Sekarang kita lihat pengaruhnya pada SEO Bukalapak.
Kita search di kolom cari produk, 3 kata yang merujuk ke judul produknya, keyword “Jaket Kulit Ariel”
Dan…

TADAAAAAAAAAAAAAA
Lapak saya bertengger di page pertama (walaupun bukan yang pertama banget sih, tapi langsung 3 produk berbeda!
(Abaikan bagian paling atas promoted product ya! Karena kalau yang bagian itu BAYAR!! Sekarang kita lagi bahas yang gratis-gratis aja dulu hehehe)
Produk “Jaket kulit ariel” di Bukalapak itu hingga 66 page! Jika 1 page saja terdiri dari 20 produk biasa dan 10 produk promoted, maka ada hampir 2000 produk yang sama bukan?
Contoh lapak di atas bisa ada di page one bukan karena push, kalau push itu beda lagi, itu akan masuknya ke kategori / sub-kategori (dan bukan ke menu search) *Om-tante master SEO pasti tau bedanya blush
Sekarang kita lanjut ke pokok pembahasan kita berikutnya,

2. DESKRIPSI PRODUK
Nah sebenarnya inilah yang paling utama yang mau saya tekankan pada diskusi ini.
Copywriting sangat berperan pada deskripsi produk Om dan Tante.
Bagaimana setelah pembeli sudah klik dan masuk ke lapak kita, dia sudah tertarik melihat foto produk kita di halaman depan, dia PASTI akan baca ke bawah (ke bagian deskripsi), disaat membaca deskripsi inilah penentuan apakah dia akan beli atau tidak.
Bagaimana kita men-suggest calon pembeli agar membeli produk kita?
POLA / Struktur Deskripsi Produk
Langsung ke contoh aja ya, saat ini kita asumsikan calon pembeli sudah tertarik dengan foto produk kita ya. (Kalo ga tertarik sama foto produk yang kita pajang, ngapain dia klik?? Hahhaha iseng banget sih lu, Tong hahahha blush
Oke, sekarang fokus lagi
Sampai disini, calon buyer sudah masuk ke lapak kita, dan sudah melihat foto produknya, maka selanjutnya dia akan membaca deskripsi produk kita.

Bagian yang merah adalah penjelasan pembuka (yang biasanya agak sedikit lebay, kita harus infokan keunggulan dan manfaat jika membeli produk kita,INGAT: Harus jujur, jangan pernah melakukan penulisan yang berujung pada penipuan karena deskripsi yang tidak jujur ya.
Kalau bisa setelah nulis bagian ini, Om Tante baca ulang, kalo Om Tante “ngangguk-ngangguk”, atau berkata “oh gitu” dalam hati, berarti penjelasannya sudah cukup oke)
Bagian yang biru adalah detail atau informasi produk yang Om-Tante jual, pastikan Om-Tante AHLI dan tau seluk-beluk produknya, karena itu penting untuk meyakinkan calon pembeli.
Bagian yang hijau adalah bonusan. Beri huruf kapital pada tulisan FREE atau GRATIS! Karena biasanya mata akan menuju kesana dan langsung fokus lagi (setelah calon buyer mulai bosan membaca bagian informasi produk yang cukup panjang dan terlalu teknis, karena biasanya banyak angka di bagian spesifikasi produk, otomatis fokus calon buyer sudah mulai turun). Disana saya menuliskan FREE Box Exclusive, lalu dibwahnya saya meminta calon buyer mengecekSEKALI LAGI foto produknya. CEK FOTO PACKAGINGNYA GAN
UNTUK APA??
Percaya atau tidak, saya tes ke 4 temen saya untuk membaca, dia benar scroll ke atas, lalu melihat foto-fotonya sekali lagi, saya letakan foto packaging di foto terakhir agar calon buyer melihat dari awal lagi foto-fotonya.
Sampai disini buyer sudah semakin tertarik dengan produk yang ia search di menu search dan sudah mengarah ke lapak kita.
Sampai disini juga kita sudah membuat calon buyer melihat foto produk kita DUA KALI.
Sekarang saatnya kita pastikan dia agar tidak ragu untuk membeli.
What you see is that what you get, Gan! Barang bisa dikembalikan jika tidak sesuai dengan display.
Kurang tegas apalagi?? Kita sebagai seller memberikan jaminan kalau barang bisa dikembalikan jika tidak sesuai dengan apa yang dia lihat.
Sampai disini buyer sudah semakin yakin dengan apa yang dia cari, apa yang dia lihat, apa yang dia baca. Tapi masih ada keraguan untuk membeli karena saya menambahkan lagi kalimat sakti pada akhir deskripsi produknya,
Stoknya terbatas, _____ jadi buruan diorder SEKARANG!
Setelah baca itu, biasanya calon buyer akan PM kita, “ini ready gan?” Untuk memastikan bahwa stoknya ada. Kalimat penutup seperti itu juga dapat mencegah adanya penolakan order karena stok yang kosong, karena calon buyer biasanya akan nanya dulu stoknya ada atau tidak.
Dan pada akhirnya, yang dinantikan pun tiba….
Di screenshot tersebut calon buyer nanya stok produk, tapi kebetulan kosong, akhirnya dia acak-acak lagi lapak saya, dan ada yang buat dia tertarik akhirnya nanya sekali lagi produk yang lain, dan kebetulan ready stock.
Oke langsung order ya
Akhirnya CLOSING pun terjadi.
Semua berujung pada penjualan, PADA HARI ITU JUGA, SAAT ITU JUGA
Bagaimana??
Silakan dicoba cara saya yang satu ini. Saya sudah praktekan cara ini mulai April 2016 kemarin, dan cukup ampuh, respon Om dan tante WAJIB cepat saat calon buyer bertanya stok, InsyaAlloh didukung dengan doa dan bismillah dulu, calon buyer akan jadi beli.
Kurang lebihnya itulah tips dan trik saya sekarang dalam hal menulis judul dan deskripsi, kalau dulu-dulu sih asal upload aja hehehe
Jika Om-tante punya saran masukan, bisa juga tulis di komentar ya..
Sekian dulu dari saya, mohon maaf jika ada yang kurang dari tulisan ini, saya hanyalah seller butiran debu yang tidak ada apa-apanya dibanding para juragan disini.

Sekilas tentang bukalapak dari jaman saya bikin akun….

Ini lapak pertama saya, 20 Oktober 2013 blush
Zoom: klik kanan - open image in new tab
Satu tahun lamanya saya menanti order, tiba-tiba ada SMS Pesanan Baru! 21 Oktober 2014! 1 th Anniversary saya dengan bukalapak dirayakan dengan pesanan baru blush
Zoom: klik kanan - open image in new tab
Satu tahun berjuang, akhirnya saya naik jadi Pedagang besar pada 19 Mei 2015
Zoom: klik kanan - open image in new tab
Ga sampai disitu aja, sampai akhir bulan Februari 2016 saya ikut kopdar Akbar di Bogor dan akhirnya gabung ke Komunitas Pelapak Bogor pada Maret 2016.
Jujur tadinya males banget jualan online mesti ada kumpul-kumpul segala, ada grup yang bikin berisik dan nambah-nambahin notif. Tapi udah jalan 1-2 bulan saya gabung dengan temen-temen Komunitas, banyak manfaat dan tips-tips untuk ngelapak yang tidak saya tau selama ini saat masih “Jualan Sendirian
Dalam beberapa bulan saja, dengan ngerangkum semua masukan, semua saran, semua sharing-sharing dari temen-temen disini, lapak saya Alhamdulillah naik dengan cukup pesat dibanding waktu masih “Jualan Sendirian
Dan beginilah lapak saya sekarang yang hanya butiran debu ini blush
Zoom: klik kanan - open image in new tab
Alhamdulillah dulu langganan nolak pesanan, sekarang bisa dapet “tidak pernah menolak pesanan” blush
Semoga saja sebelum Anniversary saya yang KETIGA TAHUN bersama bukalapak, saya sudah bisa naik jadiJuragan mengikuti jejak Om dan Tante semuanya blush

Jadi kepanjangan curhat deh, maaf ya Om-Tante hehehe
Mungkin sekian dulu tips dan trik yang saya pakai di lapak saya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi semuanya yang membaca dari atas sampai bawah.
Jangan lupa untuk gabung ke komunitas regional lapaknya ya. InsyaAlloh banyak manfaatnya.

0 comments:

Post a Comment